Sabtu, 07 November 2015

#SIP LINGKUP DATA

A.    PEMROSESAN : BATCH, ONLINE, REAL TIME
Batch Processing
Batch processing adalah suatu model pengolahan data, dengan menghimpun data terlebih dahulu, dan diatur pengelompokkan datanya dalam kelompok-kelompok yang disebut batch. Tiap batch ditandai dengan identitas tertentu, serta informasi mengenai data-data yang terdapat dalam batch tersebut. Setelah data-data tersebut terkumpul dalam jumlah tertentu, data-data tersebut akan langsung diproses.
Contoh dari penggunaan batch processing adalah e-mail dan transaksi batch processing. Dalam suatu sistem batch processing, transaksi secara individual dientri melalui peralatan terminal, dilakukan validasi tertentu, dan ditambahkan ke transaction file yang berisi transaksi lain, dan kemudian dientri ke dalam sistem secara periodik. Di waktu kemudian, selama siklus pengolahan berikutnya, transaction file dapat divalidasi lebih lanjut dan kemudian digunakan untuk meng-up date master file yang berkaitan.
Online Processing
Adalah sebuah sistem yang mengaktifkan semua periferal sebagai pemasok data, dalam kendali komputer induk. Informasi-informasi yang muncul merupakan refleksi dari kondisi data yang paling mutakhir, karena setiap perkembangan data baru akan terus diupdatekan ke data induk. Salah satu contoh penggunaan online processing adalah transaksi online. Dalam sistem pengolahan online, transaksi secara individual dientri melalui peralatan terminal, divalidasi dan digunakan untuk meng-update dengan segera file komputer. Hasil pengolahan ini kemudian tersedia segera untuk permintaan keterangan atau laporan.
Perbedaan Batch Processing dengan Online Processing
1. Pada batch processing, data yang dimasukkan akan dihimpun dahulu menjadi 1 kelompok atau batch baru kemudian akan dimasukkan ke database untuk mengupdate master file.
Sedangkan pada online processing, data yang dimasukkan atau diinput akan langsung dimasukkan ke dalam database untuk mengupadate master file pada saat itu juga.
2. Pada batch processing, data yang dikelompokkan tersebut akan dicek ulang dan disortir sebelum dikirim ke database sehingga jika terdapat data yang tidak valid, data akan dimasukkan ke dalam error report. Pada online processing, hal ini tidak terjadi sehingga ada kemungkinan terdapat data yang tidak valid yang masuk ke database.
Pada online processing, waktu yang dibutuhkan untuk mengupdate database relatif lebih cepat daripada batch processing.
3. Proses yang memakai batch processing biasanya ditujukan untuk aplikasi yang memiliki jumlah transaksi yang besar, sehingga perlu dilakukan pemeriksaan pendahuluan, sebelum data-data tadi diolah Online processing lebih ditunjukan untuk pengolahan data yang memerlukan suatu tingkat transaksi dengan kecepatan tinggi, karena kebutuhan informasi yang harus segera diperoleh pada saat yang sama.
Real Time Processing
adalah mekanisme pengontrolan, perekaman data, pemrosesan yang sangat cepat sehinga output yang dihasilkan dapat diterima dalam waktu yang relatif sama. Perbedaan dengan sistem on-line adalah satuan waktu yang digunakan real-time biasanya seperseratus atau seperseribu detik sedangkan on-line masih dalah skala detik atau bahkan kadang beberapa menit. Perbedaan lainnya, on-line biasanya hanya berinteraksi dengan pemakai, sedangkan real-time berinteraksi langsung dengan pemakai dan lingkungan yang dipetakan.
Kelebihan Real Time Processing:
1.    Pemrosesan real time akan sangat menyederhanakan siklus kas perusahaan. Sistem real time dengan terminal komputer yang terhubung dengan komputer pusat akan mengurangi atau malah menghilangkan hambatan-hambatan seperti keterlambatan beberapa hari antara pengambilan pesanan dan penagihan ke pelanggan.
2.    Pemrosesan real time memberikan perusahaan keuntungan persaingan pada pasar. Dengan memelihara informasi persediaan, staf penjualan dapat menentukan dengan cepat bahwa terdapat persediaan di gudang. Informasi yang mutakhir yang disediakan melalui proses real time akan meningkatkan  kemampuan perusahaan untuk memaksimalkan kepuasan pelanggan, yang menyebabkan peningkatan penjualan.
3.    Prosedur manual mempunyai kecenderungan untuk menghasilkan kesalahan kritis, seperti nomor rekening yang salah, nomor persediaan yang tidak valid, dan salah dalam melakukan perhitungan harga. Program perbaikan yang dilakukan secara real time memperbolehkan untuk memperbaiki banyak tipe kesalahan yang mengidentifikasi dan meningkatkan efektifitas serta efisiensi operasional.
4.    Akhirnya, pemrosesan secara real time akan mengurangi pemakaian kertas. Kertas dokumen mahal untuk dibuat dan sering rusak. Dokumen elektronik sangat efisien, efektif, dan sangat berguna bagi jejak audit
B.   Data dan Media Penyimpanan (SASD dan DASD)
Data dapat dideskripsikan sebagai suatu kejadian yang kita hadapi. Data dapat berupa catatan-catatan dalam kertas, buku, atau tersimpan sebagai file dalam database. Data akan menjadi bahan dalam suatu proses pengolahn data. Oleh karena itu, suatu data belum dapat berbicara banyak sebelum diolah lebih lanjut.
Data merupakan komponen vital bagi suatu perusahaan untuk melakukan kegiatan operasionalnya dan menentukan kualitas informasi yang dihasilkan.
Proses pengolahan data terbagi menjadi tiga tahapan, yang disebut dengan siklus pengolahan data (Data Processing Cycle) yaitu:
1.      Pada tahap Input
Yaitu dilakukan proses pemasukan data ke dalam komputer lewat media input
(Input Devices).
2.       Pada tahapan Processing
Yaitu dilakukan proses pengolahan data yang sudah dimasukkan, yang dilakukan
oleh alat pemroses (Process Devices) yang dapat berupa proses perhitungan,
perbandingan, pengendalian, atau pencarian distorage.
3.      Pada tahapan Output
Yaitu dilakukan proses menghasilkan output dari hasil pengolahan data ke alat
output (Output Devices) yaitu berupa informasi.
menurut Syafrizal, dkk (2010) data dapat didefinisikan sekumpulan informasi atau nilai yang diperoleh dari pengamatan (observasi) suatu obyek, data dapat berupa angka dan dapat pula merupakan lambing atau sifat. Beberapa macam data antara lain; data populasi dan data sampel, data observasi, data primer, data sekunder.
Data yang baik adalah data yang bisa dipercaya kebenarannya (reliable), tepat waktu dan mencakup ruang lingkup yang luas atau bisa memberikan gambaran tentang suatu masalah secara menyeluruh merupakan data relevan.
Pembagian data:
1.      Menurut sifatnya, dapat dibagi menjadi dua:
 a. Data kualitatif yaitu data yang tidak berbentuk angka, misalnya: kuesioner
      pertanyaan tentang suasana kerja.
 b.  Data kuantitatif yaitu data yang berbentuk angka, misalnya: harga saham.
2.      Menurut sumber data, dapat dibagi menjadi dua:
a. Data Internal yaitu data dari dalam suatu organisasi yang menggambarkan    
    keadaan organisasi tersebut. Misalnya, suatu perusahaan: jumlah karyawannya,
   jumlah modalnya.
b. Data eksternal yaitu data dari luar suatu organisasi yang dapat menggambarkan
               faktor-faktor yang mungkin mempengaruhi hasil kerja suatu organisasi.
               Misalnya: data beli masyarakat mempengaruhi hasil penjualan suatu
               perusahaan.
3.      Menurut cara memperolehnya, juga bisa dibagi dua:
a. Data primer (primary data) yaitu data yang dikumpulkan sendiri oleh
               perorangan/ suatu organisasi secara langsung dari objek yang diteliti dan untuk
               kepentingan studi yang bersangkutan yang dapat berupa interview, observasi.
b. Data sekunder (secondary data) yaitu data yang diperoleh/ dikumpulkan data    
   disatukan oleh studi-studi sebelumnya atau yang diterbitkan oleh berbagai
   instansi lain.
4.      Menurut waktu pengumpulannya, dapat dibagi dua:
a. Data “cross section” ialah data yang dikumpulkan pada suatu waktu tertentu (at
  a point of time) untuk menggambarkan keadaan dan kegiatan pada waktu
  tersebut. Misalnya: data penelitian yang menggunakan kuesioner.
b. Data berkala (time series data) ialah data yang dikumpulkan dari waktu untuk
   melihat perkembangan suatu kejadian/kegiatan selama periode tersebut.
   Misalnya, perkembangan uang beredar.
Media Penyimpanan
v  Adalah peralatan fisik yang menyimpan representasi data.
v  Media penyimpanan / storage atau memori dapat dibedakan atas 2 bagian:
Ø  Primary Memory (Internal Storage) → Primary Storage
Ø  Secondary Memory (External Storage) → Secondary
Secondary Memory (Auxiliary Memory)
v  Ada 2 jenis secondary storage:
1.      Serial/ Sequentil Access Storage Device(SASD)
Contoh: Magnetic tape, punched card, punched paper tape.
   2.      Direct Access Storage Device (DASD)
Contoh: Magnetic disk, floopy disk, mass storage.


Sumber :

Singelton, Hall. (2007). Information Technology Auditing And Assurance. Jakarta: Salemba Empat

Li Deng, Dong Yu. (2014). Deep Learning : Methods and Applications. New York: Now Publisher

Tidak ada komentar:

Posting Komentar